"Newtrees", Hijaukan kembali Kebun Raya Samosir

Dipasang pada : 25 Oct 2013

PT. Bank Mestika Dharma Tbk bekerja sama dengan Pemkab Samosir dan WWF Indonesia mengadakan reforestasi Kebun Raya Samosir melalui program "Newtrees", akhir pekan lalu. Corporate Secretary Bank Mestika, Irwansyah Lubis dalam siaran persnya mengungkapkan, kegiatan tersebut dihadiri jajaran manajemen Bank Mestika diantaranya Presdir Achmad S Kartasasmita, Wakil Presdir Hendra Halim, Direktur Umum Yusri Hadi, Direktur Kepatuhan Andy dan sejumlah pimpinan WWF Indonesia.

Achmad S Kartasasmita dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan ini merupakan wujud kepedulian direksi dan karyawan Bank Mestika dalam berpartisipasi dan berkontribusi secara aktif dalam memperbaiki kerusakan hutan khususnya disekitar Danau Toba dan Pulau Samosir.

"Tentunya inisiatif ini tidak akan dapat terlaksana tanpa adanya kordinasi dan kerja sama yang sangat baik dengan Pemerintah Kabupaten Samosir yang mempunyai visi dan misi yang sama dengan kami dalam menata kembali fungsi hutan di sekitar Pulau Samosir in," ungkap Achmad.

Program "Newtrees" ini adalah program penanaman pohon yang memberikan wacana baru bagi masyarakat guna membantu proses reforestasi dan melindungi kawasan lindung/kawasan hutan dengan cara mengawasi pertumbuhan pohon-pohon melalui "Geotags", yakni dengan proses pelabelan setiap pohon yang ditanam dengan garis lintang dan garis bujur/koordinat lokasi yang tepat sehingga kondisi pohon yang ditanam tersebut dapat dipantau dan dipotret setiap saat melalui Google Earth.

Dalam kerja sama ini, Bank Mestika menyumbangkan kepada WWF dan Kebun Raya Samosir, sekitar 2.000 pohon, diantaranya Rasamala, Kemenyan, Meranti Batu, Bintangur, Gandaria, dan Pala untuk ditanam di areal Kebun Raya Samosir seluas lima hectare. Untuk merawat pohon-pohon ini, WWF beserta masyarakat dan Pemkab akan melakukannya untuk periode dua tahun sehingga pohon-pohon ini tumbuh dengan baik.

"Kita juga berharap bahwa program ini dapat mendorong agar semakin banyak masyarakat yang ikut peduli dan berpartisipasi menjaga lingkungan kelestarian hutan di Sumatera Utara, terutama di daerah Samosir yang telah mempunyai Kebun Raya Samosir ini. Kita sungguh berharap bahwa kelak Kebun Raya Samosir ini menjadi kebanggaan bagi masyarakat samosir dan dapat menarik wisatawan untuk datang dan berjalan-jalan di Kebun Raya ini," ujar Achmad.

Currency



Last Updated: 2024-04-18 10:00:00

Currency* Buy Sell
USD 16,150 16,195
SGD 11,857 11,922
AUD 10,415 10,455
EUR 17,245 17,295
MYR 0 3,465

*Nilai tukar tersebut merupakan nilai indikasi yang dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu

Gempita Mestika