Mediasi Perbankan

Penanganan Pengaduan Nasabah

Dasar Pelaksanaan:
Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan NO.2/SEOJK.07/2014 Tentang Pelayanan dan Penyelesaian Pengaduan Konsumen Pada Pelaku Jasa Keuangan.

Definisi:

  1. Pengaduan adalah ungkapan ketidakpuasan Nasabah yang disebabkan oleh adanya kerugian dan/atau potensi kerugian finansial pada Nasabah yang diduga karena adanya dugaan sengketa antara Pelaku Jasa Keuangan (Bank) dengan Konsumen.
  2. Nasabah adalah pihak-pihak yang menempatkan dananya dan/atau memanfaatkan pelayanan yang tersedia di Bank.

Mekanisme Pelayanan dan Penyelesaian Pengaduan Konsumen :
  1. Bank wajib melayani dan menyelesaikan adanya pengaduan Konsumen sebelum pengaduan tersebut disampaikan kepada pihak lain.
  2. Bank wajib segera menindaklanjuti dan menyelesaikan pengaduan paling lambat 20 (dua puluh) hari kerja setelah tanggal penerimaan pengaduan.
  3. Dalam hal terdapat kondisi tertentu, Bank dapat memperpanjang jangka waktu sampai dengan paling lama 20 (dua puluh) hari kerja berikutnya dan wajib memberitahukan secara tertulis kepada nasabah yang mengajukan pengaduan sebelum jangka waktu berakhir.
  4. Kondisi tertentu sebagaimana dimaksud pada angka 3 adalah:
    • kantor Bank yang menerima pengaduan tidak sama dengan kantor Bank tempat terjadinya permasalahan yang diadukan dan terdapat kendala komunikasi di antara kedua kantor Bank tersebut;
    • transaksi keuangan yang diadukan oleh Konsumen memerlukan penelitian khusus terhadap dokumen-dokumen Bank ; dan/atau
    • terdapat hal-hal lain di luar kendali Bank seperti adanya keterlibatan pihak ketiga di luar Bank dalam transaksi keuangan yang dilakukan oleh Konsumen.
    • Perpanjangan jangka waktu penyelesaian pengaduan wajib diberitahukan secara tertulis kepada Konsumen yang mengajukan pengaduan sebelum jangka waktu.

*Untuk Proses Pengaduan Nasabah:
-Silahkan menghubungi Customer Services seluruh Kantor Bank Mestika.


Mediasi Perbankan

Dasar Pelaksanaan :
PBI No.8/5/PBI/2006 dan perubahannya PBI No.10/1/PBI/2008 Tentang Mediasi Perbankan, PBI No.16/1/PBI/2014 dan Surat Edaran Bank Indonesia No.16/16/DKSP Tentang Perlindungan Konsumen Jasa Sistem Pembayaran dan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No.1/POJK.07/2013 Tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan jo Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan No.2/SEOJK.07/2014 tentang Pelayanan Dan Penyelesaian Pengaduan Konsumen Pada Pelaku Usaha jasa Keuangan.
  1. Pengajuan Mediasi Perbankan kepada pelaksana fungsi mediasi perbankan hanya dapat dilakukan oleh Nasabah Bank Mestika.
  2. Sengketa yang dapat diajukan adalah sengketa keperdataan yang timbul dari transaksi keuangan, harus diajukan dalam mata uang rupiah, dan bukan kerugian immaterial (kerugian yang dikarenakan pencemaran nama baik dan perbuatan tidak menyenangkan) dengan batas paling banyak sebesar Rp.500.000.000,-
  3. Pengajuan disampaikan secara tertulis, formulir pengajuan dapat diambil di Kantor Bank Mestika terdekat, dan harus melampirkan data berupa:
    -.Fotokopi Surat hasil penyelesaian pengaduan yang diberikan Bank Mestika
    -.Fotokopi Bukti Identitas
    -.Surat pernyataan diatas materai yang menerangkan sengketa tidak sedang diproses oleh lembaga mediasi lainnya dan belum pernah diproses dalam Mediasi perbankan oleh BI
  4. Proses Mediasi dapat dilakukan pada Kantor BI setempat.
  5. Pengajuan Mediasi Perbankan dilakukan paling lama 60 (enam puluh) hari kerja dihitung dari diterimanya Surat hasil penyelesaian pengaduan yang diberikan Bank Mestika.
  6. Nasabah dan Bank Mestika wajib menandatangani perjanjian Mediasi (agreement to mediate).
  7. Jika dalam proses mediasi mengalami kebuntuan maka mediator dapat:
    -.Menghadirkan pihak lain sebagai narasumber atau tenaga ahli
    -.menangguhkan proses Mediasi sementara dengan tidak melampaui batas waktu proses mediasi
    -.menghentikan proses mediasi.
  8. Proses mediasi berakhir apabila tercapainya kesepakatan, berakhirnya jangka waktu mediasi, terjadinya kebuntuan sehingga proses mediasi berhenti, adanya pelanggaran terhadap perjanjian mediasi.
  9. Dalam proses mediasi dapat dilakukan pemberian kuasa. Pemberian kuasa dilakukan dengan surat kuasa khusus tanpa hak substitusi, bermaterai cukup, dan paling kurang mencantumkan hal-hal sebagai berikut:
    -.Identitas pemberi dan penerima kuasa serta kewenangannya
    -.Pemberian kewenangan untuk mengikuti dan mengambil keputusan dan juga dapat mencakup kewenangan dalam menandatangani dokumen yang terkait proses mediasi
  10. Mediasi dilakukan paling lama 30(tiga puluh) hari kerja sejak Nasabah dan Bank Mestika menandatangani perjanjian mediasi.
  11. Kesepakatan yang diperoleh dari proses Mediasi dituangkan dalam suatu Akta Kesepakatan yang bersifat final dan mengikat bagi Nasabah dan Bank Mestika.


Berikut formulir yang dapat didownload:
Form mediasi perbankan.pdf




[ Back ]




Kurs Deposito / Draft / TT

Update Terakhir : August 28, 2015, 10:55 am
Mata Uang
Beli
Jual
USD
13955
14035
SGD
9920
10030
AUD
10010
10125
MYR
3290
3390
EUR
15670
15850

Gempita Mestika

Gempita Bank Mestika
Periode 01/May/2015 - 31/Oct/2015
Diundi tanggal: 5 Des 2015
Gempita Bank Mestika
Periode 01/Nov/2014 - 30/Apr/2015
Telah diundi tanggal: 6 Juni 2015
Gempita Bank Mestika
Periode 01/May/2014 - 31/Oct/2014
Telah diundi tanggal: 6 Desember 2014
icon icon